Trik Amankan Website dari Serangan Malware

iklan

Trik Amankan Website dari Serangan Malware, Kuisatu.com

Website perlu dijaga keamanannya karena apabila sudah terserang virus atau malware maka akan lebih sulit untuk memulihkannya. Oleh sebab itu, membersihkan website dari malware adalah hal yang diutamakan.

Cara menghilangkan virus web dan malware dapat menggunakan fitur yang disediakan oleh hosting. Hosting murah dari Niagahoster memiliki proteksi yang lengkap dan berkualitas. Selain itu, akan dijelaskan lebih lanjut mengenai trik untuk mengamankan website dari malware ini.

Apa Itu Malware

Sebelum mengetahui cara membersihkan website dari malware, ketahui dulu apa yang dimaksud dengan malware. Malware adalah perangkat lunak yang bertujuan untuk merusak jaringan komputer dari user.

Malware biasa digunakan oleh peretas atau pelaku tindak kejahatan di dunia maya yang membuat website menjadi tercuri datanya, merusak perangkat komputer, sampai diambil alih websitenya.

Data penting yang bisa tercuri adalah email dan kata sandi, identitas pribadi, sampai dengan catatan kesehatan.

Ada banyak jenis malware salah satunya adalah virus atau cacing komputer. Apabila website terserang malware, Google biasanya akan menandainya sebagai situs berbahaya sehingga bisa diblokir dan pengguna internet lainnya tidak bisa mengakses situs Anda.

Adanya malware ini juga bisa menyebabkan website error dengan berbagai peringatan.

Trik Amankan Website dari Malware

Setelah diketahui bahayanya malware, maka penting sekali untuk membersihkan website dari malware dengan melakukan beberapa pencegahan dan cara pembersihannya. Berikut adalah cara menghilangkan virus web dan malware.

1. Backup File Terlebih Dahulu

Langkah pertama untuk menggunakan malware adalah melakukan backup data terlebih dahulu. Hal ini penting agar tidak mendapatkan error yang bisa menyebabkan data Anda terhapus dari website.

2. Scan Website untuk Mendeteksi Malware

Cara menghilangkan virus web yang pertama adalah dengan mendeteksinya menggunakan bantuan fitur yang bernama Sucuri. Fungsi dari alat tersebut adalah untuk menemukan apakah website sudah terinfeksi malware atau virus.

Setelah teridentifikasi, Anda bisa mengatasinya dengan dua hal berikut ini:

  • Melakukan restore backup namun perhatikan dulu kepada layanan hosting atau VPS Anda apakah menyediakan file backup atau tidak.
  • Hapus file yang sudah terinfeksi satu persatu. Namun, cara ini tidak permanen.

3. Ajukan Review Ulang

Setelah selesai membersihkan website dari malware, lakukan pengajuan ulang review Google. Hal ini berguna untuk menghapus pesan error yang muncul di situs ketika pengguna mengunjungi website Anda.

Setelah mengirimkan pengajuan ulang dengan webmaster tools. Google akan mengecek kembali keamanan dari website Anda apakah sudah bersih dari malware atau tidak. Anda dapat mengecek laporannya  dengan melihat di fitur Security Issues yang ada.

4. Gunakan Fitur Imunify360

Langkah berikutnya adalah dengan menggunakan fitur dari Imunify360. Fitur ini juga efektif untuk mendeteksi berbagai virus dan malware yang ada pada website.

Di dalamnya sudah terdapat menu malware detection yang secara otomatis langsung mengkarantinanya jika ada malware yang masuk. Tentu hal ini lebih mudah untuk ditangani agar virus tidak menyebar ke berbagai data lainnya.

Tentu ini adalah cara menghilangkan virus web yang efektif dan praktis untuk menjaga keamanan website. Anda bisa mendapatkan fitur ini jika berlangganan Niagahoster.

Kesimpulan

Hosting murah dan VPS terbaik bisa Anda dapatkan melalui jasa penyedia hosting Niagahoster. Keamanan yang didapatkan juga lengkap dan penggunaannya yang mudah akan membantu untuk membersihkan website dari malware.

Leave a Comment